Cara Mengawinkan Burung Pleci

1 min read

mengawinkan burung pleci

Para penggemar kicau mania, pasti tidak jarang mereka mempunyai burung pleci. Mereka membudidayakan pleci karena memang dari segi fisik terlihat indah.Selain indah dan cantik, burung ini laku keras ketika dijual.

Dengan adanya harga jual yang tinggi, banyak orang yang bukan dari pecinta burung pleci mereka berlomba – lomba berternak burung pleci agar mendapatkan keuntungan. Tapi, namanya bisnis pasti ada juga yang rugi dan untung.

Semua itu berdasarkan langkah – langkah yang diberikan para peternak untuk memelihara burung pleci hingga bertelur dan menghasilkan anakan yang banyak.

Selain itu, menjodohkan pleci adalah salah satu hal wajib dilakukan bagi para pengembang budidaya burung cantik ini. Jika tidak, maka burung pleci tidak akan laku dijual pada pasaran burung serta tidak bakal dibesarkan oleh pengusaha burung.

Serta, jika tidak ada penyuplai burung satu ini, ternak pleci tidak akan berjalan sempurna dan baik.

Cara Mengawinkan Burung Pleci Hingga Menetas

Burung pleci digemari karena mempunyai warna dan bentuk tubuh yang indah. Ketika berkicau pun burung ini mendengarkan suara kicauan yang indah.

Pada umumnya, membudidayakan burung kicauan itu gampang – gampang sulit. Soalnya tergantung dari bagaimana cara peternak merawat pleci sehingga kondisi kesehatan burung tetap terjaga.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Jangkrik

Kalau kamu melakukan apa yang saya sarankan tadi, maka penjodohan ini bakal berjalan dengan baik dan berjalan secara optimal. Tapi jika kamu tidak menerapkannya, maka penjodohan itu tidak akan berjalan maksimal.

Nah cara – cara tersebut akan saya jabarkan dalam poin – poin dibawah ini :

  • Kamu harus mendekatkan sangkar calon indukan baik betina dan jantannya sebagai sarana PDKT si burung. Kamu bisa menunggu proses ini selama kurang lebih 1 hingga 2 minggu. Agar bisa semakin cepat, kamu bisa memberi pleci makanan berupa kroto dan ulat hongkong pada kedua burung.
  • Habis itu kamu bisa memisahkan kedua indukan tersebut hingga keduanya tidak saling melihat. Hal ini dapat kamu lihat apakah mereka berjodoh atau tidak dengan mengetahui apakah kedua pleci mempunyai reaksi kehilangan atau tidak punya.
  • Indikasi kecocokan dan berjodoh dapat dilihat dari perilaku pleci. Perilaku seperti apa yang diperlihatkan? Pleci akan memperlihatkan ngeriwiknya.
  • Pada saat ini, kamu bisa satukan kedua pleci dalam satu kandang atau sangkar.
  • Habis itu keduanya akan merasa nyaman dan cocok, disini mereka akan kawin karena baginya berjodoh.
  • Apabila sudah seperti ini, berikan makanan ke burung yang mengandung vitamin dan protein. Hal ini berguna untuk meningkatkan birahi kedua burung pleci.
  • Saat ini, proses mengawinkan burung pleci sudah siap bertelur dan tunggu sampai menetas.

Sedikit tambahan, supaya hasilnya maksimal dan optimal, pastikan kamu punya indukan yang sudah matang. Selain itu, kamu juga selalu berikan asupan EF untuk meningkatkan birahi indukan pleci. Dengan cara ini pleci akan merasa bahwa ia berjodoh dan siap berkembangbiak.

Jangan lupa juga selalu bersihkan kandang atau sangkar burung pleci demi kenyamanan penjodohan ini. Prosesnya akan berlangsung, sehingga kamu tetap merawat sekitaran sangkarnya.

Setidaknya kamu tetap berikan ia minuman juga jangan makanan terus. Burung juga butuh minum. Setelah semua itu siap, maka kamu tinggal menunggu saja pada waktunya pleci itu menghasilkan telur.

Jadi itulah cara memperbanyak keturunan pleci dengan cara penjodohan. Semoga sehabis melihat ulasan ini kamu dapat informasi yang bermanfaat, selamat mencoba bisnis burung pleci, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *