Cara Menjodohkan Jangkrik Agar Bertelur

2 min read

kawin jangkrik

Supaya kamu tidak mengeluarkan banyak modal untuk memelihara jangkrik. Sebisa mungkin kamu harus mengetahui dasar – dasar tentang cara mengawinkan jangkrik.

Dengan mengetahui caranya itu maka kamu tidak perlu repot – repot lagi dalam membudidayakan sebuah hewan kecil khususnya jangkrik.

Cukup dengan modal kecil saja, kamu sudah mendapatkan untung besar ketika memelihara hewan kecil ini. Kenapa? karena hanya membutuhkan beberapa pasang jangkrik (betina dan jantan).

Sebelumnya, kamu perlu tau soal ciri ciri jangkrik mau bertelur. Jangan asal menjodohkan ya, kalau engga jodoh jangkrik tidak mau kawin dan berkembang biak.

  1. Suara dari penjantan yang siap membuahi terdengar sampai ke betina. Ini sering disebut dengan bunyi ngerik.
  2. Pejantan akan mengibas – ibaskan sayapnya.

Adapun syarat yang perlu dilakukan sebelum pembuahan yaitu Dalam proses perkawinan ini, jangan menjodohkan jangkrik ke jenis jangkrik yang berbeda. Pasalnya jika kamu menjodohkan dengan jenis berbeda maka hasil yang diperoleh agak susah.

Susah disini saya maksudkan ialah jangkrik itu punya naluri, tidak bisa dikawinkan secara paksa dengan jenis lain. Jika jangkrik itu berjenis sliring maka harus dikawinkan dengan jenis yang sama pula.

Cara Menjodohkan Jangkrik Agar Bertelur

Untuk mendapatkan telur yang banyak kamu harus menjodohkan ke banyak induk jangkrik yang siap dibuahi oleh pejantan. Kamu bisa melihat tanda – tandanya seperti sayap lengkap, perut yang bunting dan pejantan akan sering mengeluarkan bunyi.

Supaya penjodohan ini berhasil, kamu memerlukan perawatan yang bertujuan untuk proses mengawinkan jangkrik dengan benar. Berikut langkah – langkah nya.

  1. Siapkan terlebih dahulu Box penjodohan. Kamu bisa mencari box dengan ukuran 100 CM untuk panjangnya dan 50 CM untuk Lebarnya.
  2. Siapkan juga tempat untuk bertelur betina, kamu bisa menyiapkan sebuah nampan kecil yang isinya ada pasir halus (jangan pernah menggunakan pasir kasar, jika terlanjur silakan ganti).
  3. Kamu perlu menyiapkan induk jangkrik, saya contohnya 200 induk yang siap kawin dengan memiliki ciri bersayap, sering berbunyi dan perut bunting). Dari jumlah induk yang banyak ini, kamu bisa gunakan perbandingan (1:6) yaitu 1 jantan dan 6 betina. hal ini bermaksudkan untuk menghasilkan telur banyak dan siap dibudidayakan.
  4. Jangan lupa untuk selalu memberikan pakan atau makanan buat si jangkrik sehingga membuat para induk bertelur.

Apabila kamu merasa belum punya pasir halus, kamu bisa mengayaknya menggunakan saringan teh. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pemindahan telur. Baca Juga : Cara Mengawinkan Lobster Air Tawar.

Mengenai makanan berkualitas, umumnya jangkrik dewasa diberi makan dedaunan yang mengandung air karena untuk pengganti air minum. Seperti pepaya, sawi, kubis, kangkung, singkok, bayam dan lain sebagainya, masih banyak daun muda yang disukai jangkrik dewasa.

Tak hanya dedaunan saja, pakan lain seperti biji – bijian juga diperlukan untuk sang induk. Biji – bijian itu tadi dihaluskan supaya mudah untuk di konsumsi. Kamu dapat memakai biji jagung, kacang hijau, kedelai, beras merah dan lain sebagainya.

Dalam menjaga kebersihan kandang dalam Box, kamu harus pastikan apakah makanan sebelumnya habis atau tidak. Jika tidak habis, kamu bersihkan lalu buang sisa makanan itu kemudian ganti dengan yang baru. Supaya terhindar dari pakan yang tersisa, maka berikan makanan secukupnya.

Setelah makanan sudah terpenuhi, kemudian induk jangkrik akan menemukan pasangannya sehingga melakukan perkawinan. Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Pleci.

Pembuahantelur terus terjadi antar sesama jangkrik selama masih dalam satu box.Pada akhirnya, induk betina akan mengeluarkan telur hasil pembuahannya pada wadah yang sebelumnya kamu siapkan.

Pada saat ini, betina akan mengasingkan dirinya untuk menjaga telur – telurnya dari pemangsa atau binatang jangkrik lainnya. Tapi, dia akan terpaksa ikut ke satu wadah yang berada di dalam box tersebut dengan betina lainnya.

Sampai disini dulu pembasahan kita kali ini. Semoga dengan adanya panduan tentang cara mengawinkan jangkrik supaya cepat berbuah ini dapat memberikan kamu manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *