Cara Mengawinkan Kelinci

2 min read

cara mengawinkan kelinci

Cara mengawinkan kelinci – Ingin ternak dan memperbanyak hewan kelinci tetap tidak tahu cara mengembang biakannya ?

Disini, saya punya solusinya dengan menikahkan kelinci dengan lawan jenis semua bakal terwujud. Apalagi di jaman sekarang sudah canggih apapun sudah langsung di terapkan. Seperti cara mengawinkan kelinci ini bertebaran karena memang hewan satu ini sangatlah lucu.

Bagaiaman tidak, kelinci digadang-gadang memiliki kelucuan yang hampir sama dengan kucing. Jadi, tidak heran jika banyak sekali yang ingin memelihara hewan satu ini terutama kaum hawa. Khusus buat kamu yang belum tahu cara mengawinkan kelinci bisa langsung simak penjelasannya sampai selesai yaa!

Cara Mengawinkan Kelinci

Setiap para peternak yang ingin mengembangbiakkan kelinci menjadi lebih banyak wajib mengetahui beberapa hal. Seperti kelinci jantan ini memiliki peran yang sangat penting sekali.

Berikut perhatikan juga cara mengawinkan kelinci dibawah ini!

Usia Kelinci

Yang pertama sebelum mengawinkan kelinci adalah melihat umur kelinci itu sendiri. Karena untuk kelinci jenis tubuh kecil dan sedang ini bisa kita pilah-pilah terlebih dahulu. Diantaranya adalah

  • Kelinci anggora,
  • Kelinci loka,
  • Kelinci satin

Dan dan seukuran ini dapat dikawinkan apabila sudah berusia paling minim sekitar 6 bulan.

Dengan pernyataan diatas tentu berbeda dengan jenis kelinci yang memiliki tubuh besar, sebagai contohnya adalah :

  • Kelinci German Giant
  • Kelinci Flamish Giant

Dan sejenis dengan ukuran yang sama ini dapat dikawinkan apabila sudah berusia paling tidak 10 bulanan.

Baca Juga : Cara Mengawinkan Burung Blackthroat

Tempat Perkawinan

Mungkin merupakan sesuatu yang sepele, namun ini juga menjadi tolak ukur yang utama.

Pasalnya, tempat untuk mengawinkan kelinci yaitu dengan cara memasukkan kelinci betina ke kandang kelincin jantan. Namun, kamu harus perhatikan bahwa kandang tersebut muat untuk dua kelinci yang artinya tidak sempit.

Apabila terlalu lebar, ini membuat kelinci betina bakal lari dan susah untuk kelinci jantan mengejar kelinci betina. Hal ini juga sebaliknya apabila tempatnya sempit kelinci jantan bakal susah dalam mengambil posisi yang tepat.

Lalu, berapa sih ukuran idealnya ?

  • Untuk jenis kelinci kelinci atau sedang sekitar : 60 (panjang) x 60 (lebar) x 50 (tinggi) dengan satuan centi meter.
  • Untuk jenis kelinci besar sekitar : 80 (panjang) x 60 (lebar) x 50 (tinggi) dengan satuan centi meter.

Noted: Yang paling penting dalam alas kandang kelinci jantan ini harus kuat dan lubangnya diusahakan tidak terlalu lebar karena untuk menghindari kaki kelinci terpelosok ketika pemijahan.

Waktu Perkawinan

Kapan waktu yang tepat untuk mengawinkan kelinci ini ? Menurut saya adalah pada saat suhu udara sejuk dan matahari masih belum bersinar dengan terik.

Mungkin di pagi hari sekitar pukul 05.00 sampai 07.00 WIB. Namun, selain pagi hari pun ada waktu yang baik juga ketika menjelang malam atau mulai petang.

Waktu perkawinan di mulai petang ini bisa sekitar pukul 18.00 dan sepanjang malam. Pasalnya, hewan yang lucu satu ini faktanya lebih aktif ketika di malam hari dibandingkan di waktu siang hari.

Baca Juga : Cara Ternak Belut Hingga Sukses

Teknik Mengawinkan Kelinci

Dalam mengawinkan kelinci, peternak harus memperhatikan pada saat meletakkan kelinci bersamaan di kandang. Dimana proses pertemuan keduanya.

Apabila kamu melihat kelinci betina menolak untuk dikawinkan dengan kelinci jantan, maka tindakan yang baik dan segera dilakukan adalah memisahkan untuk sementara. Dan jadikan satu kembali dalam kandang untuk beberapa saat nanti yang tepat.

Sebaiknya kamu tak menggabungkan beberapa pasang kelinci untuk satu kandang, guys.

Jika saya boleh menyarankan untuk kamu yang ingin ternak kelinci, dalam menggabungkan sepanjang kelinci saja yang kemudian memisahkan beberapa saat sesudah digabungkan.

Hal ini karena kalau betina diketahui sudah hamil maka tidak boleh melakukan proses perkawinan lagi, hal itu bakal menyebabkan kelinci betina keguguan.

Nah, itulah diatas yang dapat saya ulas untuk kamu cara mengawinkan kelinci yang baik dan benar. Tertarik ternak kelinci setelah membaca artikel ini yang ternyata sangat mudah mengawinkan kelinci ?

Yuk, silahkan komentar dan bagikan pengalaman kamu setelah membaca artikel ini yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *