Cara Mengawinkan Kucing

1 min read

cara menjodohkan kucing

Peliharaan hewan kucing, siapa yang tidak mengenal salah satu jenis hewan yang lucu satu ini ? Dibalik wajah imut ini sering kali membuat seseorang tertawa lepas jika memeliharanya.

Namun, alangkah indahnya apabila kucing ini berkembang biak menjadi banyak.

Salah satunya adalah mengawinkan kedua kucing berbeda jenis kelamin tentu menjadi solusinya. Akan tetapi, ada pula sebagian orang yang tidak paham akan hal tersebut.

Nah, disini Infrahip memiliki beberapa langkah cara mengawinkan kucing yang wajib kamu ketahui!

5 Langkah Cara Menjodohkan Kucing dengan Baik dan Benar

Meskipun kamu dapat mengawinkan dua kucing dengan lawan jenis hanya dengan menempatkan mereka di satu ruangan yang sama, ini bukan pilihan yang paling aman.

Kucing yang mengawinkan mengharuskan setiap kucing tumbuh hingga ukuran penuh dan kamu telah memeriksanya untuk masalah genetik atau kesehatan.

Selain itu, kamu perlu menangkap kucing betina saat ia dalam siklusnya. Mendekati dan melaksanakan proses pembiakan dengan benar.

keduanya menciptakan peluang yang lebih besar untuk kehamilan, percobaan pertama dan meningkatkan kemungkinan anak kucing yang sehat pada kehamilan.

Langkah 1 : Menumbuhkan Kucing Hingga Besar

Biarkan kedua kucing tumbuh menjadi ukuran besar sebelum kawin. Berkembang biak terlalu dini dapat menghambat pertumbuhan kucing betina, karena ia akan mengerahkan seluruh energinya untuk membesarkan anak kucing. Baca Juga : Cara mengawinkan burung pleci.

Membiakkan kucing jantan terlalu dini dapat menyebabkan kamu kehilangan masalah genetis dalam gennya.

Kucing betina harus berusia antara 18-24 bulan sebelum kawin, sedangkan kucing jantan setidaknya berusia 18 bulan.

Langkah 2 : Jadwalkan Janji Dokter Hewan

Jadwalkan janji dokter hewan untuk setiap kucing sebelum proses kawin. Minta dokter hewan untuk memberikan suntikan yang diperlukan, lakukan evaluasi fisik, pemeriksaan sampel tinja dan tes lain yang diperlukan.

Pastikan setiap kucing cukup sehat untuk dikawinkan. Dokter hewan harus dapat memberi tahu kamu tentang kemungkinan masalah dalam mengawinkan kedua kucing atau pada keturunan yang akan mereka hasilkan.

Langkah 3 : Fase Panas

Tunggu sampai kucing betina kepanasan. Kucing di luar ruangan kemungkinan besar akan memasukkan panas selama musim semi dan musim panas.

Dia akan menjadi sangat penuh kasih sayang dan menarik kucing jantan mana pun di daerah sekitar selama tiga minggu.

Jika dia tidak dikawinkan, dia akan meninggalkan fase panas dan masuk lagi sekitar dua minggu kemudian.

Kucing dalam ruangan umumnya dapat dikawinkan sepanjang tahun karena cara cahaya buatan memengaruhi siklus mereka.

Langkah 4 : Masukkan Ruangan Sama

Masukkan kucing jantan dan betina ke ruangan yang sama. Jika kucing betina sedang panas, ia akan membiarkan jantan mendekati dan kawin. Proses kawin bisa memakan waktu antara 1-20 detik.

Kucing jantan akan melarikan diri, sedangkan kucing betina akan tampak meronta-ronta setelah kawin. Baca Juga : Cara mengawinkan jangkrik sampai bertelur.

Proses ini normal dan dapat bertahan hingga 10 menit. kamu dapat mengawinkan betina dengan kucing jantan lain dalam waktu sekitar 30 menit, jika diinginkan.

Hal ini meningkatkan variasi keturunan yang kemungkinan akan ia hasilkan.

Langkah 5 : Awasi Saat Kehamilan

Awasi kucing betina untuk kehamilan. Kucing akan aktif selama masa kehamilan, yaitu dua bulan. Kamu mungkin melihat putingnya memerah dan membesar pada awal hari ke-18 kehamilan.

Jika kamu tidak yakin betina hamil atau tidak, bawalah ke dokter hewan dan pesan ultrasonografi.

Itulah diatas yang dapat saya jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai cara mengawinkan kucing. Setelah mengetahui cara yang saya berikan, apakah kamu tertarik untuk ternak kucing ?

Silahkan komentar di kolom dan bagikan pengalaman kamu setelah membaca postingan artikel ini yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *