Cara Mengawinkan Lobster

2 min read

cara budidaya lobster

Salah satu makanan sering kita temukan di retoran cepat saji adalah makanan laut atau seafood. Terdapat seafood seperti lobster, kepiting, kerang dan sejenisnya. Dari wujudnya terlihat hampir mirip dengan udang namun tekstur kulit sangat keras dan ukuran lobster lebih besar.

Lobster itu jika dihidangkan pada sebuah restoran pasti harganya sangat mahal. Bicara mengenai hewan lobster, kamu sudah tahu belum secara umumnya?.

Lobster disini yang saya maksud adalah jenis hewan yang hidup di air tawar atau sering disebut dengan crustacea dan tidak dapat beku sampai ke dasar.

Jenis ikan ini, termasuk golongan hewan yang mudah hidup dimana saja asalkan disana terdapat air tawar serta mempunyai tempat untuk perlindungan dari predatornya. Kebanyakan lobster air tawar itu tidak mampu bertahan hidup di air tercemar.

Hewan satu ini bernafas melalui insang, bentuknya menyerupai bulu unggas. Makanan yang lobster gemari ialah zooplankton, tumbuhan air dan bangkai hewan air lainnya.

Seperti penjelasan diatas, tidak sembarang air dan kondisi airnya membuat lobster tetap bertahan hidup. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin budidaya lobsterdan tetap bisa hidup sebaiknya kamu kembangkan secara baik.

Apa aja itu? Salah satunya adalah kamu harus bisa mengawinkan lobster tersebut dengan benar agar bertelur. Proses pebuahan ini dilakukan oleh sepasang ikan yaitu jantan dan betina.

Apakah kamu masih bingung dengan cara mengawinkan Lobster air tawar? Berikut ini langkah – langkahnya.

Cara Menjodohkan Lobster Air Tawar Hingga Bertelur

Menjodohkan disini bukan berarti dipaksa untuk menghasilkan telur dengan cara di suntik sel sperma jantan ke sel pembuahan betinanya.

Melainkan kamu bisa melakukan proses pembiakkan tersebut di bawah ini sehingga kamu dapat berhasil mengawinkan ikan lobster tersebut dengan benar.

1. Pilihlah Jenis Indukan Sehat

Langkah pertama dalam pengawinan lobster ini adalah kamu lakukan pemilihan jenis binatang yang jenis indukannya benar – benar yang sehat.

Cari juga dari sisi kelincahannya sekaligus nafsu makannya yang baik. Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa lobster dengan ciri – ciri tersebut sangat sehat. Baca Juga : Cara Mengawinkan Jangkrik.

2. Pastikan Umur Lobster Sudah Matang

Selain memerhatikan kesehatannya, kamu juga harus melihat usia si lobster. Tidak bisa sembarang usia bisa kamu lakukan untuk pemijahan ikan. Begitupun dengan lobster, kamu tetap memastikan bahwa umur kematangan usia lobster sudah siap dikawinkan.

Kamu belum tau berapa usianya? Usia lobster siap kawin berisar antara 10 sampai 12 bulan atau bisa kamu lihat dari panjang tubuh sebesar 15 sampai 17 CM.

3. Siapkan Tempat Menampung Lobster

Sediakan sebelum melakukan proses perkawinan terhadap kedua ikan tersebut. Kamu boleh menaruh di wadah – wadah kecil atau kolam ukuran kecil hingga sedang.

Tetap pastikan juga bahwa air yang kamu gunakan bersih dan tidak kumuh. Dikarenakan pada diatas sudah dijelaskan bahwa lobster tidak mampu hidup pada keadaan air keruh atau kumuh itu.

4. Selalu Berikan Air Tawar Jernih

Dikarenakan hewan yang kita gunakan untuk dikawinkan ialah jenis lobster air tawar maka yang dibutuhkan adalah tawar.

Jangan sampai kamu memberikan wadah berisi air asin karena itu dapat merusak tujuan kita malahan dapat membuat lobster kamu mati.

Makanya, kamu harus menyediakan wadah yang berisikan air tawar bersih, jangan ada air yang tercemar karena bisa bikin lobsternya tidak nyaman dan akhirnya stress. Jika sudah stress, setiap hewan pasti tidak akan berkembangbiak dengan baik.

5. Sesuaikan Ukuran Wadah

Pada perihal ini, kamu tidak diperbolehkan asal – asalan dalam melakukan pemijahan terhadap lobster.

Maksudnya, kamu tidak boleh memberikan ukuran wadah yang terlalu kecil maupun terlalu besar karena memang semuanya harus pas.

Ukurannya itu seberapa? Kebanyakan kolam ataupun wadah yang sering dipakai ialah 40 CM x 40 CM x 30 CM dan ketinggian airnya mencapai 20 CM. Usahakan takaran airnya disamakan ya supaya pembenihan lobster berjalan dengan sukses.

6. Menentukan Berapa Banyak Lobster yang Ditebar

Tak hanya satu ikan saja, melainkan kamu bisa menaruh beberapa lobster di dalam satu wadah. Pada ukuran kolam yang saya sampaikan sebelumnya itu mampu di tebar hingga 4 ekor sampai 6 ekor lobster siap kawin.

Kamu harus mampu meletakkan dalam porsi yang sesuai dan jangan sampai kelebihan maupun kekurangan supaya lobster air tawar tidak mengalami strees.

7. Membuat Tempat Persembunyian

Lobster hidupnya sudah bersembunyi jadi kamu tetap harus membuat persembunyian untuk si lobster. Kamu bisa membuatnya dengan paralon berukuran 3 inch dengan panjang berukuran sesuai tubuh lobster.

Misalnya di kolam kamu tebar benih ikan 6 buah saja maka berikan persembunyiannya sebanyak 6 buah juga. Kamu juga bisa menyesuaikan kapasitas lobster yang kamu miliki.

8. Saatnya Pengawinan

Nah waktu yang cocok sekaligus paling disarankan untuk mengawinkan lobster air tawar adalah di waktu malam hari. Karena jenis ikan jantan akan mengeluarkan sel jantannya (sperma) dan menaruhnya di bagian dekat pangkal kaki kedua dari betinanya.Setelah proses perkawinan, biasanya lobster betina akan berdiam diri di dalam persembunyian yang sudah kamu buatkan.

Seperti yang kamu ketahui bahwa berbudidaya ikan lobster air tawar ini sangat mudah dan hanya perlu keseriusan sekaligus ketelatenan. Mungkin akan terasa sangat sulit bagi pemula tetapi tidak begitu dengan kamu mengikuti sesuai prosedur diatas.

Jika lobster bertina sudah bisa menghasilkan telur hingga banyak, tugas kamu disini harus merawatnya sampai menetaskan telur dan berubah menjadi anak – anak lobster. Demikian ulasan mengenai cara mengawinkan lobster air tawar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *