Cara Menjodohkan Kacer

1 min read

cara menjodohkan kacer yang benar

Kicau merdu burung kacer mencuri perhatian banyak orang. Hal ini tentu membuat mereka untuk mengembangbiakannya. Caranya adalah dengan menjodohkan burung kacer jantan dan betina.

Untuk ternak kacer ini memerlukan beberapa persiapan yang sudah saya rangkum dari sumber terpercaya. Inilah 2 tahap yang kamu harus persiapkan untuk ternak kacer :

1. Mempersiapkan Kandang Kacer

Setiap para peternak wajib memiliki kandang terlebih dahulu sebelumnya. Untuk kandang kacer ternak ini menurut saya cukup dikatakan lumayan besar. Menurut sudut pandang saya yaitu ukuran panjang 100cm dengan lebar 100cm dan tinggi 200cm.

Jika boleh menyarankan untuk membuat kandangnya, gunakanlah material yang terbuat dari kayu balo. Pasalnya, kayu ini sangat tahan lama, kuat, bahkan untuk serangan hama sekaligus.

2. Induk Kacer

Saya memiliki beberapa kriteria buat kamu yang masih belum tahu ciri-ciri induk yang berkualitas. Pasalnya, hal ini tentu sangat menentukan hasil anakan ternak kacer kamu, loh.

Inilah ciri-ciri induk kacer yang berkualitas antara lain :

  • Indukan ternak kacer diusahakan adalah burung yang rajin gacor.
  • Diusahakan untuk mendapatkan indukan kacer siap kawin yang sudah berusia kurang lebih 10 bulanan.
  • Gerakan indukan kacer energi, bersorot mata tajam, gesit, dan atraktif.
  • Berbadan panjang dan besar
  • Tidak terdapat cacat fisik.

Cara Menjodohkan Kacer untuk Pemula

Mengawinkan burung kacer ini bisa dikatakan gampang-gampang susah juga. Karena pada setiap jenis hewan terbang tidak selamanya akur selalu. Ada yang berkelahi dalam satu kandang, ada pula yang langsung kawin.

Baca Juga : Cara Mengawinkan Burung Merpati/ Dara

Ada banyak sekali yang membuat faktor gagal dalam menjodohkan kacer ini. Saya sudah merangkum juga diantaranya yaitu :

  • Salah satu burung kacer ini memiliki birahi (nafsu) yang terlalu tinggi. Hal ini dapat diatasi dengan mengatur ulang pemberian pakan tambahan atau biasa disebut dengan Extra Fooding (EF).
  • Usia induk yang terbilang terlalu muda atau kurang cukup umur. Solusinya yaitu ganti saja dengan calon induk yang benar-benar sudah siap atau matang.
  • Biasanya untuk kacer jantan ini terlalu agresif. Untuk mengatasi hal ini maka kamu harus mengganti induk betina dengan memilih usia yang lebih tua daripada burung jantan.

Namun saya punya cara buat kamu yang masih awam dalam menjodohkan kacer. Simak benar-benar langkah-langkahnya yaa, guys!

  • Pertama siapkan kandang untuk perjodohan, usahakan yang mempunyai penyekat di bagian tengahnya. Jika masih enggak punya, kamu bisa gunakan kandang biasa saja dan cukup menaruh berdekatan.
  • Selanjutnya masukan indukan kacer betina dan kacer jantan berbeda kandang. Namun, berdekatan dan pastikan mereka saling berhadapan. Biarkan saling sahut-sahutan berkicau.
  • Ciri identik ketika mereka sudah berjodoh adalah dengan saling membalas kicauan-kicauan. Namun, kalau memang belum biasanya peternak mengakali dengan memberikan pakan jangkrik. Dimana pakan ini terbukti untuk meningkatkan birahi.
  • Perhatikan khusus pada kacer betina jika sudah terlihat membuat sarang ini bisa dikatakan bahwa siap kawin.
  • Disaat sarang tersebut sudah jadi, kita bisa langsung saja untuk menaruh kedua kacer jantan dan betina dalam satu kandang.
  • Perhatikan ketika malam harinya, jika mereka tidur pulas saling berdekatan itu berarti mereka sudah berjodoh.

Baca Juga : Cara Mengawinkan Burung Murai Batu Jinak

Selain itu, ada beberapa yang harus kamu waspadai dalam menjodohkan kacer diantaranya yaitu :

  • Perjodohkan tidak akan berhasil kalau kedua indukan kacer tidak dalam kondisi tenang.
  • Jika terjadi perkelahian, silahkan semprotkan burung yang agresif sampai basah kuyup untuk meminimalisirnya.

Itulah diatas yang bisa saya ulas pada artikel ini lengkap dengan ciri-ciri dan langkah menjodohkan kacer. Semoga bermanfaat dan menjadi refrensi kita semuanya.

Bagikan postingan ini jika setuju dan nantikan artikel-artikel yang lebih menarik hanya di Infrahip.net !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *